Sosial dan Gaya Hidup

Euro dan Copa America 2024, mana yang terbaik?

Euro dan Copa America 2024 menuju partai final. Dua kompetisi sepak bola itu menyiratkan beberapa catatan sepanjang turnamen.

Minggu, 14 Juli 2024 06:02

UEFA European Football Championship atau Euro 2024 dan Copa America 2024 yang berlangsung hampir sebulan, menuju partai puncak. Di laga final Euro 2024, tim nasional Spanyol bakal menantang Inggris di Olympiastadion Berlin, Jerman, pada Senin (15/7) dini hari WIB. Sedangkan Copa America 2024 mempertemukan Argentina melawan Kolombia di Hard Rock Stadum, Amerika Serikat pada Senin (15/7) pagi WIB.

Euro 2024 menampilkan 24 timnas negara Eropa, sedangkan Copa America 2024 diikuti 10 timnas dari CONMEBOL—konfederasi sepak bola Amerika Selatan—dan enam timnas dari CONCACAF—konfederasi sepak bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia, antara lain Jamaika, Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Panama, dan Kosta Rika.

Euro di Jerman menggelar laga seminggu lebih awal dari Copa America yang diadakan di Amerika Serikat. Uniknya, Jerman adalah tuan rumah Piala Dunia 2006, yang memanfaatkan stadion-stadion eks kompetisi sepak bola dunia itu. Sedangkan Amerika Serikat, bersama Meksiko dan Kanada, adalah tuan rumah Piala Dunia 2026—yang bakal menguji infrastruktur mereka untuk ajang besar itu.

Bagaimana keamanan pertandingan?

Striker timnas Prancis, Kylian Mbappe pernah mengatakan, Euro adalah kompetisi sepak bola internasional paling sulit di dunia. Lebih sulit dibandingkan Piala Dunia. Namun, pemain timnas Argentina, Lionel Messi, mengatakan Euro memang punya tim-tim terbaik, tetapi di Copa America ada banyak juara Piala Dunia, misalnya Argentina, Brasil, dan Uruguay.

Fandy Hutari Reporter
Fandy Hutari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait