Sosial dan Gaya Hidup

Gen Z yang rentan terhadap bunuh diri

Data Survei Kesehatan Indonesia menyebut, penduduk yang punya pikiran ingin mengakhiri hidup tertinggi ada di usia 15-24 tahun, yakni 0,39%.

Selasa, 08 Oktober 2024 15:00

Carol—bukan nama sebenarnya—tertarik dengan dunia penata artistik. Namun, perundungan yang dialami pada 2023 lalu, membuatnya merasa sulit berkembang di bidang periklanan. Politik kantor kerap menyudutkan perempuan berusia 23 tahun itu dalam posisi serba salah.

“Jika kerja saya bagus, itu dianggap karena kerja tim. Tapi begitu ada kerjaan salah atau tidak sesuai harapan, itu langsung dituduhkan salah saya,” kata alumnus salah satu universitas swasta di Jakarta Barat itu kepada Alinea.id, belum lama ini.

Perundungan yang selalu dialaminya, membuat Carol ingin berhenti bekerja. Dia mengaku depresi. Sebab, di sisi lain, dia harus menghidupi kedua orang tuanya yang sudah tak lagi bekerja.

“Orang tua saya enggak mau tahu kondisi saya di kantor. Bilangnya, nyari kerja itu susah, tapi saya terus-terusan capek batin. Kondisi ini saya alami selama setahun,” ucap Carol.

Lingkungan kerja yang tdak bersahabat, membuatnya kehilangan motivasi bekerja. Bahkan, saking terus menerus disalahkan, sempat terlintas dalam pikirannya untuk mengakhiri hidup.

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Fandy Hutari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait