Sebuah penelitian di penghujung 2020 menunjukkan, belajar dari rumah tidak memberikan dampak negatif pada psikologis siswa.
Pandemi Covid-19 memaksa semua kegiatan harus dilakukan dari rumah, tak terkecuali sektor pendidikan. Pembelajaran daring masih diterapkan hingga saat ini. Sebuah penelitian di penghujung 2020 menunjukkan, belajar dari rumah tidak memberikan dampak negatif pada psikologis siswa, asal pembelajarannya dikemas dengan menarik.
Meski begitu, kesehatan mental seluruh pihak yang terlibat dalam pembelajaran daring penting untuk diperhatikan, baik guru ataupun siswa.
Psikolog klinis anak Ike R Sugianto mengatakan, salah satu caranya adalah dengan mempelajari bagaimana membuat pembelajaran daring menjadi menarik.
Oleh karena itu, Ike membagikan beberapa tips agar pembelajaran daring menjadi lebih menarik demi kesehatan mental semua pihak yang terlibat.
Tips pertama, guru harus terlebih dahulu menyukai pembelajaran daring, agar siswa juga ikut menyukai sistem pembelajaran yang baru ini. Alasannya, guru tidak akan dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan, apabila dirinya juga tidak menyukai sistem pembelajarannya.