Satu dari setiap lima pengguna menyatakan kualitas audio adalah faktor terpenting saat memilih smartphone mereka.
Berdasarkan studi baru dari firma riset dan penasihat pasar teknologi terkemuka, CyberMedia Research (CMR), konsumen Indonesia kini memprioritaskan kualitas audio sebagai pendorong utama dalam pembelian smartphone daripada kualitas kamera, dan tepat setelah daya tahan baterai.
Studi ini menemukan bahwa konsumen Indonesia yang lebih menyukai kualitas audio (audio quality) kemungkinan didorong oleh waktu yang dihabiskan berjam-jam selama di rumah saja. Di semua parameter, satu dari setiap lima pengguna menyatakan kualitas audio adalah faktor terpenting saat memilih smartphone mereka.
The Quest for Immersive AudioVisual Experiences adalah studi komperehensif oleh CMR yang melakukan survei pada 1500 konsumen Indonesia, di seluruh kelompok usia 18 sampai 45 tahun. Mereka memberi gambaran perilaku konsumen Indonesia, dan prioritas yang diberikan pada kualitas audio, serta prioritas konsumen kedepannya.
Head-Industry Intelligence Group CMR Prabhu Ram mengungkapkan, temuan ini menarik karena belum pernah terjadi sebelumnya. Di mana konsumen Indonesia menikmati beragam hiburan audio dan video dalam bahasa internasional, maupun lokal.
“Temuan studi yang menarik ini memberikan kami dasar untuk lebih memahami aspirasi konsumen yang terus berkembang. Di seluruh kasus penggunaan, mulai dari konsumsi konten hingga konten buatan pengguna dan gim seluler, konsumen terus mencari, dan bersedia berinvestasi dalam pengalaman audio-visual yang ditingkatkan dan imersif” ungkapnya dalam keterangan resmi, Kamis (29/7).