Sosial dan Gaya Hidup

Kupu-Kupu Kertas dan apa yang terjadi dengan PKI di Banyuwangi?

Sempat ditarik dari peredaran pada 10 Februari 2024, film Kupu-Kupu Kertas kembali tayang di bioskop pada 26 September 2024.

Jumat, 27 September 2024 06:11

Film Kupu-Kupu Kertas kembali tayang di bioskop pada 26 September 2024. Film ini tayang perdana pada 7 Februari 2024, namun hanya bertahan selama tiga hari, film yang dibesut Emil Heradi tersebut tiba-tiba ditarik dari peredaran.

Mengisahkan tentang apa?

Film ini menyajikan kisah cinta dalam gejolak politik yang tak menentu pada 1965, ketegangan antara Nahdlatul Ulama (NU) dengan PKI. Dikutip dari Jakarta Globe, kisah cinta antara Ning (Amanda Manopo) dan Ihsan (Chicco Kurniawan) terhalang ideologi politik. Ning adalah putri dari pimpinan PKI Rekoso (Iwa K), sedangkan Ihsan adalah saudara seorang pimpinan GP Ansor—organisasi kepemudaan di bawah NU.

Ning dan Ihsan terjebak dalam peristiwa berdarah tahun 1965 di Banyuwangi, Jawa Timur. Keadaan menjadi genting, akibat kebrutalan anggota PKI merebut tanah-tanah milik warga hingga melakukan pembantaian terhadap anggota GP Ansor. Lalu, dibalas dengan Operasi Gagak Hitam, yang menghabisi anggota PKI dan mereka yang dianggap antek-anteknya.

Menurut Jakarta Globe, film ini menegaskan, dalam konflik berdarah, justru yang sering menjadi korban adalah mereka yang tak sadar masalah dan tak terlibat pertikaian. Film ini mengambil inspirasi dari peristiwa sejarah, seperti peristiwa Cemethuk yang menewaskan pemuda Ansor dari Muncar, pembuangan mayat petinggi militer di Lubang Buaya, dan Operasi Gagak Hitam menumpas PKI.

Fandy Hutari Reporter
Fandy Hutari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait