Sosial dan Gaya Hidup

Makan daging beruang ternyata akibatnya bisa mengerikan

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Federal AS, telah menegaskan kembali pentingnya memasak hewan liar dengan benar.

Kamis, 30 Mei 2024 11:10

Jarang orang bisa menikmati daging beruang. Di sebagian wilayah Amerika Serikat yang memiliki alam liar, seperti South Dakota, penduduknya bisa menikmati hidangan langka itu. Namun, jangan salah masak, karena bisa bahaya bagi kesehatan.

Contohnya terjadi baru-baru ini. Seperti dikutip dari theglobeandmail, enam orang jatuh sakit akibat parasit yang berasal dari daging beruang kurang matang yang disajikan pada acara reuni keluarga.

Mereka terinfeksi ketika daging beruang yang disajikan dalam porsi langka ternyata terkontaminasi cacing gelang penyebab trichinellosis, yang juga dikenal sebagai trichinosis. Dua orang hanya makan sayuran yang dipanggang bersama dagingnya. Meskipun dagingnya telah dibekukan selama 45 hari, cacing trichinella berasal dari spesies yang tahan beku.

Kejadian ini membuat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Federal AS, telah menegaskan kembali pentingnya memasak hewan liar dengan benar.

“Orang-orang yang mengonsumsi daging hewan buruan harus menyadari bahwa memasak dengan cukup adalah satu-satunya cara yang dapat diandalkan untuk membunuh parasit Trichinella dan bahwa daging yang terinfeksi dapat mengkontaminasi makanan lain,” kata CDC dalam laporannya mengenai wabah tersebut pekan lalu.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait