Sosial dan Gaya Hidup

Mengenal prosedur transplantasi jenggot

Presenter dan komedian Deddy "Desta" Mahendra mengubah penampilan, dengan melakukan transplantasi rambut dan jenggot. Bagaimana prosedurnya?

Selasa, 23 Juli 2024 06:05

Presenter dan komedian Deddy “Desta” Mahendra, muncul dengan penampilan baru dengan berewok. Beberapa waktu lalu, ia menjalankan prosedur transplantasi rambut serta janggut dan cambang, ditangani penyanyi sekaligus dokter bedah plastik, Tompi. Ia menambah rambut bagian depannya dan janggut, yang diambil dari rambut bagian belakang kepalanya.

Healthline menulis, transplantasi pertama dilakukan pada 1939 di Jepang, dengan rambut tunggal di kulit kepala. Pada dekade berikutnya, dikembangkan teknik cangkok, yang melibatkan transplantasi sebagian besar rambut.

Transplantasi rambut merupakan prosedur saat ahli bedah plastik atau dermatolog memindahkan rambut ke area kepala atau bagian yang mulai menipis. Dokter bedah, sebut Healthline, biasanya memindahkan rambut dari belakang atau samping kepala. Umumnya, transplantasi rambut dilakukan untuk mengatasi bagian kepala yang botak.

Sedangkan transplantasi jenggot, tulis Healthline, rambut diambil untuk dipindahkan ke garis rahang atau di mana pun ingin janggut tumbuh.

Pria yang tumbuh jenggot dan jambang, dianggap lebih menarik. Buktinya, baru-baru ini, survei yang dilakukan aplikasi perjodohan dating.com menemukan, pria berjanggut lebih menarik bagi para lajang, dengan 86% responden lebih menyukai tumbuhnya rambut di wajah. Survei itu, sebut Witness, mengungkapkan pria berjanggut menerima kecocokan tiga kali lebih banyak di profil kencan.

Fandy Hutari Reporter
Fandy Hutari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait