Sosial dan Gaya Hidup

Pengaruh besar fan musisi terhadap konser musik

JakPat menyebut, beberapa fan musik melakukan sejumlah hal yang mendukung musisi favorit mereka, misalnya menonton konser idola secara langsung.

Minggu, 29 September 2024 06:09

Selain acara musik seperti Pestapora. Lalala Fest, We The Fest, dan Synchronize Fest, sepanjang 2024 diramaikan dengan konser musik musisi mancanegara. Misalnya saja, yang baru berlalu konser Bruno Mars di Jakarta International Stadium (JIS) dan grup musik Avenged Sevenfold, ada pula sejumlah grup asal Korea Selatan (K-pop). Tak kalah menarik, konser-konser musik musisi dalam negeri, semisal Sheila on 7.

Menurut lembaga survei JakPat—yang melakukan jajak pendapat melibatkan 2.131 responden—sebanyak 82% responden mengaku pernah datang ke konser musik secara langsung. Sebesar 30% dari penonton konser pada 2024, didominasi laki-laki dan generasi Z.

Masifnya acara musik di Indonesia, tak bisa lepas dari peran fanbase alias kelompok penggemar. JakPat menyebut, beberapa fan musik melakukan sejumlah hal yang mendukung musisi favorit mereka, misalnya menonton konser idola secara langsung (27%), bergabung dengan komunitas penggemar (18%), membeli barang dagangan atau merchandise (16%), dan ikut fan meeting atau meet and greet (7%).

“Tiga dari 4 fan bergabung dengan fanbase musisi Indonesia,” tulis laporan JakPat.

Sebesar 40% bergabung dengan fandom K-pop, sedangkan 20% bergabung dengan fanbase penyanyi Barat. Komunitas penggemar musisi lokal yang paling banyak diikuti adalah Sheila Gank—nama fanbase Sheila on 7—sebanyak 47%. Sedangkan Coldplayers—fanbase Coldplay—memiliki jumlah penggemar musisi internasional terbanya, yakni 43%. Dan ARMY—fandom dari BTS—punya jumlah penggemar musisi K-pop terbanyak, yakni 41%.

Immanuel Christian Reporter
Fandy Hutari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait