Sosial dan Gaya Hidup

Raffi Ahmad dan apa pentingnya memberi gelar kehormatan kepada selebritas?

Banyak selebritas di luar negeri pun menerima gelar doktor kehormatan alias honoris causa.

Jumat, 04 Oktober 2024 06:19

Baru-baru ini, presenter dan aktor Raffi Ahmad mengejutkan publik dengan unggahan foto di akun Instagram-nya. Raffi mengumumkan, dia baru menerima gelar doktor honoris causa atau doktor kehormatan di bidang event management and global digital development atas jasanya dalam pengembangan industri hiburan di Indonesia dari Universal Institute of Professional Management (UIPM) Thailand.

Namun, pemberian gelar kehormatan itu menimbulkan kecurigaan warganet. Soalnya, banyak yang kurang familier dengan kampus tersebut. Apalagi soal kredibilitas kampus.

Apa saja yang membuat janggal?

Seorang WNI yang tinggal di Thailand, Niar Ibrahim Rose (@IbrahimNiar) dalam akun X-nya menelusuri alamat UIPM di Bangkok, sesuai yang tertulis di situs web resmi kampus itu. Setelah sampai di lokasi, yang didapatkan Niar hanya hotel dan apartemen. Dikutip dari Suara.com, pihak UIPM mengaku punya delapan perwakilan kampus di berbagai negara, antara lain Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, Filipina, India, Afrika, dan Amerika Serikat.

Di Indonesia, lokasinya ada di Bekasi. Seorang warganet yang mencari alamatnya, menemukan UIPM hanya menyewa ruangan kecil di Plaza Summarecon. Sebagai sebuah kampus yang beroperasi di Indonesia, UIPM idealnya terdaftar di situs Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akan tetapi, jika ditelusuri, tak terdapat UIPM di situs resmi BAN-PT. Belum lagi pendaftaran mahasiswa, yang bisa dilakukan hanya lewat Google form.

Fandy Hutari Reporter
Fandy Hutari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait