Sosial dan Gaya Hidup

Ragam manfaat pola makan vegan

Apa saja keuntungan memilih menjadi vegan, dengan hanya memakan makanan yang bersumber dari sayuran dan buah-buahan?

Selasa, 30 April 2024 15:13

Sudah empat tahun Marisa Dika Andini hanya mengonsumsi sayur dan buah, tak lagi memakan makanan yang bersumber dari hewan. Ia menyebut dirinya seorang vegan. Istilah vegan adalah sebutan untuk orang yang mempraktikkan gaya hidup veganisme.

Veganisme sendiri punya definisi yang luas sebagai sebuah gaya hidup atau filosofi yang peduli dan mempraktikkan kehidupan tanpa segala bentuk ekspoloitasi hewan, baik penolakan mengonsumsi hewan untuk makanan, pakaian, maupun uji coba ada hewan. Ia memilih menjadi vegan karena ingin menerapkan pola hidup sehat dan ajakan dari teman satu kantor.

“Banyak manfaatnya. Saya kan pernah nanya sama dokter juga. Contohnya, (mencegah) stroke, darah tinggi, dan obesitas,” ujar karyawan di sebuah perusahaan di bilangan Sudirman Central Business District (SCBD) Jakarta itu kepada Alinea.id, Senin (29/4).

Tantangan terbesar yang ia hadapi, sulit menemukan makanan non-daging bila tengah ada di luar rumah atau kantor. Sebab, tak semua tempat makan menyediakan makanan vegan.

Di sisi lain, Marisa juga dihadapkan dengan pandangan beberapa temannya soal dirinya yang memilih hanya mengonsumsi sayur dan buah. “Pernah ditanya, ‘ngapain sih lo kayak gini (cuma makan sayur dan buah), menyiksa diri lo sendiri’,” ujar dia.

Fery Darmawan Reporter
Fandy Hutari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait