Finfluencer adalah orang yang punya pengalaman atau latar belakang dalam dunia keuangan, sehingga mampu memberikan informasi kepada audiens soal beragam topik keuangan.
Fenomena financial influencer atau finfluencer menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan digital generasi Z. Finfluencer adalah influencer media sosial yang punya spesialisasi dalam berbagi tips tentang keuangan. Seorang finfluencer membangun kredibilitas dalam industri atau ceruk tertentu dan menggunakan media sosial untuk mempromosikan diri mereka sendiri.
Mereka memiliki pengalaman atau latar belakang dalam dunia keuangan, sehingga mampu memberikan informasi kepada audiens soal beragam topik keuangan. Finfluencer menggunakan berbagai saluran digital, seperti YouTube, Instagram, atau TikTok.
Dengan gaya penyampaian yang santai, para finfluencer sukses mengubah cara pandang generasi muda terhadap keuangan lewat panduan investasi, tips menabung, hingga motivasi finansial dalam format yang ringan tapi menarik. Kehadiran mereka memberikan warna baru pada edukasi keuangan yang sebelumnya dianggap kaku dan membosankan, terutama oleh generasi muda.
“Gue rasa sih, finfluencer memang ngefek banget, terutama buat yang baru mulai terjun ke dunia finansial,” ujar Tara Wijaya, 22 tahun, seorang generasi Z yang memperhatikan fenomena tersebut kepada Alinea.id, Selasa (12/11).
Menurut Tara, para finfluencer memberikan tips dan edukasi yang mudah dipahami. Pengaruhnya, banyak generasi Z yang mulai berinvestasi atau menabung.