Sosial dan Gaya Hidup

Siasat dan urgensi menambah ruang terbuka hijau di Jakarta

Berdasarkan situs Jakarta Satu, luas total RTH di Jakarta 33,54 juta meter persegi atau hanya 5,2%.

Jumat, 03 Mei 2024 18:01

Sore itu, sejumlah anak-anak ditemani orang tua mereka, tengah bermain perosotan di area permainan di Taman Swadarma, Pesanggrahan, Jakarta Selatan yang asri. Pepohonan melindungi mereka. Di ruang terbuka hijau (RTH) itu juga terdapat fasilitas lain, seperti lapangan futsal, voli, lintasan joging, dan tempat duduk. Taman itu pun “dilindungi” pagar yang dijaga petugas di pintu masuknya.

Maryati, 42 tahun, seorang pedagang di dekat Taman Swadarma senang dengan adanya RTH yang mulai dibangun pada 2015 lalu tersebut. Selain membuka ruang baru bagi masyarakat untuk berkumpul, kata dia, keberadaan taman seluas kira-kira 12.000 meter persegi itu juga mendatangkan rezeki bagi pedagang seperti dirinya.

“Untuk kebersihan, ini (Taman Swadarma) dibersihkan sama petugas. Kalau untuk keamanan, kebetulan taman ini juga dekat dengan tempat (permukiman) warga ya. Jadi, sejauh ini masih aman,” tutur Maryati kepada Alinea.id, Selasa (30/4).

Di sisi lain, Dimas Saputra, 17 tahun, mengaku sering berkunjung ke RTH Kalijodo, Penjaringan, Jakarta Utara. RTH yang diresmikan pada 2017 dengan luas sekitar 10 hektare tersebut memiliki fasilitas, seperti skate park, arena bermain sepeda BMX, dan lintasan joging.

Namun, Dimas menyayangkan, RTH Kalijodo agak terbengkalai. “Banyak fasilitas yang bagus, tapi sepi. Banyak warung (tenda) yang tutup,” ujar Dimas, Selasa (30/4).

Stephanus Aria Reporter
Fandy Hutari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait