Sosial dan Gaya Hidup

Transaksi e-commerce didominasi generasi Z dan milenial

Generasi Z dan milenial lebih banyak belanja produk fashion dan kecantikan.

Kamis, 06 Agustus 2020 22:36
transaksi e commerce didominasi generasi z dan milenial

Transaksi e-commerce terus meningkat setiap tahunnya, seiring semakin banyaknya kebutuhan yang dapat dipenuhi melalui aktivitas belanja online.

Menurut hasil riset Kredivo & Katadata Insight Center yang diterima Alinea.id, Kamis (6/8), nilai transaksi rata-rata e-commerce mengalami peningkatan pada hampir semua produk, dalam kurun waktu Januari-Desember 2019 dibandingkan 2018. Puncak peningkatan ini terjadi pada Desember 2019 dengan jumlah transaksi lebih besar 22% daripada rata-rata jumlah transaksi bulanan..

Tren peningkatan ini didominasi generasi Z dan milenial yang berkontribusi terhadap 85% dari total transaksi. Sebanyak 85% transaksi dilakukan konsumen dengan rentan usia 18 tahun-35 tahun, dengan rincian, usia 18 tahun-25 tahun (36%) dan 26 tahun-35 tahun (49%).

Generasi milenial atau generasi Y merupakan kelompok manusia yang lahir di atas 1980-an hingga 1997. Sedangkan generasi Z adalah manusia yang lahir dalam kurun waktu 1995-2000-an.

Salah satu penyebab generasi Z dan milenial mendominasi transaksi, karena mereka tumbuh bersama dengan kemajuan teknologi internet. Pertama kali internet hadir di Indonesia pada 1990. 

Achmad Rizki Muazam
Achmad Rizki Muazam Reporter
Hermansah
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait