Sosial dan Gaya Hidup

Ukuran tubuh dan moncong menentukan usia anjing

Riset yang terbit di Scientific Reports ini menyajikan variasi perkiraan umur berdasarkan garis keturunan, ras, dan ukuran tubuh anjing.

Selasa, 06 Februari 2024 19:45

Jika Anda memiliki anjing peliharaan berukuran kecil dan memiliki moncong yang panjang, maka Anda cukup beruntung. Sebab, sebuah penelitian yang dilakukan para periset dari organisasi kesejahteraan hewan di Inggris, Dogs Trust menemukan, anjing dengan ciri-ciri demikian punya usia harapan hidup yang panjang. Untuk diketahui, usia harapan hidup rata-rata seekor anjing antara 10 hingga 13,7 tahun.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Scientific Reports (Februari 2024) menyajikan variasi perkiraan umur berdasarkan garis keturunan, ras, ukuran tubuh, bentuk wajah, jenis kelamin, serta filogeni.

Para peneliti menjelaskan, riset mereka adalah yang pertama kali memetakan prediksi umur panjang seekor anjing berdasarkan sejarah evolusi, yang memberi bukti bahwa garis keturunan nenek moyang anjing dikaitkan dengan usia ras.

Para peneliti menemukan, 47,1% anjing ras murni memiliki usia yang lebih panjang dibandingkan ras persilangan. Hanya 25,8% yang menunjukkan harapan hidup yang lebih pendek dibandingkan ras persilangan dan 27,1% tak punya variasi yang signifikan.

The Guardian menyebut, ras anjing berhidung kecil dan panjang adalah yang paling panjang usianya, sedangkan ras bermuka datar lebih berisiko mengalami kematian dini. Lalu, anjing betina berukuran kecil yang bermoncong panjang cenderung punya umur panjang di antara ras murni. Rata-rata usianya 13,3 tahun.

Fandy Hutari Reporter
Fandy Hutari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait