Sosial dan Gaya Hidup

Wanita Jepang berusia 116 tahun akan dinobatkan sebagai orang tertua di dunia

Itooka, seorang ibu dari tiga anak, lahir pada tahun ketika pesan radio jarak jauh pertama kali dikirim dari Menara Eiffel.

Rabu, 21 Agustus 2024 19:55

Seorang wanita Jepang berusia 116 tahun yang dulunya adalah pendaki gunung akan dinobatkan sebagai orang tertua di dunia oleh Guinness World Records. Penobatan ini dilakukan menyusul kematian seorang wanita Spanyol berusia 117 tahun awal minggu ini.

Kelompok Penelitian Gerontologi yang berpusat di AS mengungkap Tomiko Itooka, yang lahir pada tanggal 23 Mei 1908, tinggal di kota Ashiya di Jepang bagian barat.

Ia adalah orang berikutnya yang akan menyandang gelar orang tertua di dunia setelah Maria Branyas Morera meninggal di panti jompo Spanyol pada hari Senin (19/8).

Lahir pada 23 Mei 1908 di Osaka, Itooka adalah anak tertua dari tiga bersaudara, kata pemerintah kota Ashiya di Prefektur Hyogo. Ia menikah sekitar usia 20 tahun dan melahirkan dua putri dan dua putra.

1908 adalah tahun yang sama dengan pesan radio jarak jauh pertama kali dan dikirim dari Menara Eiffel. Pada masa itu pula Wright Bersaudara melakukan penerbangan publik pertama mereka di Eropa dan Amerika.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait