Masuknya warung kelontong ke ekosistem digital meningkatkan skala bisnis.
Tokopedia menggelar survei dampak Mitra Tokopedia pada Oktober 2021. Survei tersebut mencatat sekitar 80% pegiat usaha tradisional, seperti pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya, menjadikan Mitra Tokopedia sebagai usaha tambahan. Bisnis ini terbukti telah membantu situasi finansial pelaku UMKM selama pandemi.
AVP of New Retail Tokopedia John Hadiwidjaja mengungkapkan hasil survei mencatat 9 dari 10 penjual mengalami peningkatan penghasilan lebih dari 50% setelah bergabung dengan Mitra Tokopedia. “Mereka pun mengaku dapat meningkatkan kesejahteraan dengan memiliki tabungan, membayar sekolah anak dan terbebas dari utang,” tuturnya dalam keterangan tertulis yang diterima Alinea.id.
Survei Mitra Tokopedia tersebut juga mencatat hampir 60% penjual yang menggunakan fitur Grosir di Mitra Tokopedia mengalami proses bisnis yang lebih efisien. Pasalnya, pelaku usaha bisa memanfaatkan promo di aplikasi. Sistem pembelian stok barang secara online juga membuat pegiat usaha tidak perlu meninggalkan tempat usahanya sehingga toko tetap buka.
Alinea.id mengulas warung kelontong yang go digital ke marketplace dalam artikel ini.