Sejumlah bintang K-pop menjadi bintang iklan dan brand ambassador merek ternama.
Idola Korea tak hanya mengundang fanatisme penggemar. Jajaran bintang dari negeri ginseng pun telah menjadi daya tarik tersendiri bagi merek-merek ternama. Mulai dari makanan dan minuman siap saji, produk kosmetik, hingga perusahaan investasi.
Terbukti, deretan bintang K-pop sebagai bintang iklan atau bahkan Brand Ambassador (BA) mampu menggugah keputusan seseorang untuk menggunakan produk bersangkutan.
Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Vidi Sukmayadi, memandang fenomena idol Korea yang dijadikan sebagai duta merek ini, sebagai fandom culture (budaya penggemar).
"Fandom menimbulkan konsumerisme. Membeli karena emosional dibandingkan alasan rasional," ujar Vidi kepada Alinea.id, Rabu (16/6).
Alinea.id mengulas fenomena pemanfaatan bintang K-pop untuk menggaet konsumen dalam artikel ini.