Infografis

Legit bisnis roti rumahan

Penjualan roti rumahan via marketplace terbukti memperluas pasar.

Kamis, 24 Juni 2021 11:43

Foodreview menyebut perkembangan bisnis bakery di Indonesia mengalami pertumbuhan. Baik di skala usaha kecil, menengah, maupun besar. Ini terjadi bahkan pada industri pendukungnya seperti mesin, bahan penunjang dan bahan baku terigu. 

Operation Director PT Nippon Indosari Corpindo, Yusuf Hady memperkirakan pertumbuhan bisnis bakery bisa mencapai 7% hingga 10% setiap tahunnya. 

“Kami memprediksi bisnis bakery (roti dan kue) bernilai sekitar Rp14 triliun,” ujar Yusuf Hady dikutip foodreview

Salah satu bisnis roti jadul yang populer adalah Rotihui, dengan produk legendaris khas Pontianak. Usaha ini didirikan oleh Kimanto Effendi dan istrinya pada 2014 lalu.

Awalnya, bisnis Rotihui hanya skala garasi dan dijajakan dari toko ke toko. Saat itu, Kimanto melakukan promosi dan penjualan lewat media sosial Facebook dan status Blackberry. Setelah mencetak penjualan cukup lumayan, Rotihui melebarkan sayap ke marketplace. Salah satunya, Tokopedia yang menyumbang 30% dari total penjualan.

Nurul Nur Azizah Reporter
Kartika Runiasari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait