Dekranasda DKI Jakarta bersama marketplace Tokopedia berkolaborasi dorong UMKM masuk ekosistem digital.
Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Fery Farhati mengatakan saat ini ada 400-an UMKM yang tergabung dalam Dekranasda. Tujuh di antaranya sangat aktif mengembangkan bisnisnya dalam ekosistem marketplace Tokopedia.
Dia menjelaskan pandemi membuat omzet banyak UMKM anjlok. Tak terkecuali di sektor kerajinan yang membuat banyak perajin hampir gulung tikar. Beberapa di antaranya beralih bisnis ke sektor food and beverages, ada pula yang terus produktif melakukan efisiensi, menurunkan produksi barang jasa, mengurangi jam kerja, mengurangi jumlah karyawan dan menambah saluran penyaluran, seperti online.
“Perajin Dekranasda melakukan upaya-upaya itu dan alhamdulillah sekarang sudah jauh lebih baik,” ungkap istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini.
Sebelum pandemi, kata dia, event seperti bazar di lingkungan kantor pemerintahan dan swasta cukup menjadi andalan bagi perajin. Namun, event-event offline ini akhirnya tutup di masa pandemi. Karenanya, mau tak mau perajin harus beradaptasi dengan penjualan online untuk mempertahankan bisnisnya.
“Dekranasda bergandengan tangan dengan Tokopedia. Fasilitas Tokopedia yang membantu mereka memasarkan produk, sehingga perajin termotivasi, membuat produk-produk yang sesuai tren masa kini,” ungkapnya.