Infografis

Peluang usaha bisnis online terlaris

Produk terlaris di marketplace Tokopedia adalah kategori fashion dan sport clothes.

Selasa, 28 Maret 2023 14:42

Laporan The Finding of Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) 2022, Nielsen IQ mencatat pengguna internet Indonesia tahun 2022 naik 3% dibanding 2021 yakni dari 41 juta menjadi 42 juta. Seiring dengan itu, jumlah orang yang berbelanja online juga meningkat dari 29 juta orang menjadi 31 juta orang pada 2022.

“Tercatat, 89% sama seperti tahun 2021, sebagian besar konsumen mengetahui adanya Harbolnas, seminggu sebelumnya,” kata CI Director Nielsen IQ Rusdi Sumantri dalam laporan tersebut.

Selain itu, Nielsen IQ juga mencatat 71% responden yang merupakan pengguna aktif internet selama tiga bulan terakhir berbelanja selama Harbolnas. Di mana, tiga kategori teratas adalah fashion and sports clothes (81%), kosmetik (58%), dan personal care (40%). Adapun jenis fashion itu sendiri terbagi dalam produk pakaian (63%), alas kaki atau footwear (39%), aksesoris seperti topi, jam tangan, dan lainnya (34%), bags and purses (30%), dan baju muslim mulai dari hijab sampai sarung (18%).

Salah satu kategori selain fashion yang juga bisa menjadi peluang usaha online adalah kebutuhan ibu dan bayi atau anak. Pada marketplace Tokopedia misalnya, kategori ini tercatat paling diminati masyarakat selama awal 2023 (1 Januari–14 Februari 2023). 

Category Development (Mom and Baby) Senior Lead Tokopedia, Ditra Putra Komala mencatat semakin banyak pula pegiat usaha, khususnya UMKM, yang memulai dan menciptakan peluang bisnis daring di kategori tersebut pada awal 2023.

Kartika Runiasari Reporter
Kartika Runiasari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait