Celetuk ‘sontoloyo’ dan ‘tampang Boyolali’ jadi celah yang sukses digoreng masing-masing tim lawan.
Dua isu ini disebut-sebut menjadi blunder teranyar yang digulirkan Jokowi dan Prabowo. Ditinjau dari pergerakan isu di media sosial dan media massa selama sebulan terakhir, kedua isu sama-sama menyedot perhatian publik relatif tinggi.
Berdasarkan penelusuran tim riset Alinea.id, isu ‘sontoloyo’ ramai diberitakan di media daring sebanyak 290.912 berita, cetak 28.076 buah, dan televisi 3.988 berita. Sementara isu ‘tampang Boyolali’ diberitakan sebanyak 163.419 kali di media daring, 16. 148 kali di media cetak, dan televisi sebanyak 2.233 berita.
Lima media daring terbanyak yang memberitakan, yakni Detik, Tribun News, Kumparan, Merdeka, dan Akurat.co. Sentimen pemberitaan pun terbaca beragam. Di Detik, sentimen positif terbaca sebanyak 28.91%, negatif 20.78%, dan netral 50.3%. Di Tribun News sentimen positif sebesar 35.66%, negatif 21.83%, netral 42.51%, Kumparan positif 29.78%, negatif 19.43%, netral 50.79%. Untuk Merdeka, sentimen positif 37.18%, negatif 24.13%, netral 38.68%. Terakhir Akurat.co, sentimen positif 38.6%, negatif 23.11%, serta netral 38.29%.
Sementara, untuk isu ‘tampang Boyolali, sentimen pemberitaan masing-masing media daring, diurutkan dari yang terbanyak memberitakan, yakni Detik, positif 26%, negatif 21.95%, netral 52.05%. Disusul Tribun News dengan sentimen positif 30.65%, negatif 24.12%, netral 45.22%. Ketiga, Merdeka sentimen positif 34.32%, negatif 25.69%, netral 39.98%. Berlanjut, Repelita positif 27.42%, negatif 28.57%, netral 44%. Lalu Kumparan sentimen positif 28.45%, negatif 19.42%, dan netral 52.13%.