Kolom

Cara pengelolaan stress belum banyak dibicarakan

Siapa pun pernah mengalami stress. Ada yang berhasil mengatasinya dan banyak juga yang tidak efektif menghadapinya

Kamis, 09 Agustus 2018 15:55

Beberapa waktu terakhir, dunia baru saja dihebohkan oleh wafatnya dua selebrita dunia, Anthony Bourdain dan Kate Spade. Keduanya mengakhiri hidupnya sendiri dengan bunuh diri. Kedua peristiwa ini terjadi dalam waktu yang berdekatan. Tahun-tahun sebelumnya, ada artis dan tokoh-tokoh lain yang juga melakukan hal yang sama.

Terlepas dari sifat tragis kejadian bunuh diri ini, ternyata, dampak sosial yang dipicu kematian keduanya bisa dibilang merupakan berkah terselubung (blessing in disguise). Kita bisa menyaksikan munculnya gelombang kesadaran tentang kesehatan mental di berbagai belahan bumi.

Kita, warga dunia, seperti terhenyak berjamaah melihat mereka yang memiliki hidup impian banyak orang, ternyata memendam masalah psikologis yang berat dan memutuskan menyudahi kehidupan mereka sendiri.

Kesadaran Kesehatan Mental Marak di Media Sosial

Di Indonesia sendiri, marak bermunculan sejumlah infografis tentang depresi dan bunuh diri. Infografis-infografis ini disebarkan di media online maupun media sosial dan mendapat tanggapan positif dari warga net. Di dalamnya ada informasi tentang bagaimana tindakan bila mendapati orang yang menunjukkan tanda-tanda depresi, keinginan bunuh diri dan terlihat menarik diri dari orang lain. Selain itu, dipaparkan juga di dalamnya tentang apa yang harus Anda lakukan bila Anda sendiri yang mengalaminya.

Andry Waseso Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait