Kolom

NU dan Muhammadiyah adalah orang tua negara

NU dan Muhammadiyah telah berjuang dan menjadi peletak dasar dari fondasi negara modern.

Senin, 29 Juli 2024 17:48

Kita semua harus menyadari, bahwa ada banyak institusi dan organisasi moderen yang lahir sebelum negara bangsa kita hadir pada 17 Agustus 1945. 

Mereka telah berjuang dan menjadi peletak dasar dari fondasi negara modern. Sebab, modernisasi telah dibangun dalam kultur organisasi mereka. Dua yang paling besar dari ormas Islam adalah NU dan Muhammadiyah. Sehingga wajar mereka berdua ini disebut sebagai orang tua negara bangsa kita.

Berabad-abad mereka berjuang sendiri dan secara mandiri menjadi yang meletakkan dasar bagi negara bangsa modern dan juga menjadi Kawah Candradimuka bagi pemimpin pemimpin negara ini yang kemudian menjadi fondasi bagi perjuangan kita sampai usia hampir 80 tahun kemerdekaan kita.

Saya yakin, NU dan Muhammadiyah tidak berkepentingan dengan belas kasihan siapa pun sebagaimana berabad-abad mereka telah berjuang. Tetapi, apabila kita mau serius untuk berterima kasih dan memikirkan bagaimana kelanjutan dari modernisasi bangsa kita dan pendidikan ke depan bangsa ini, maka mendukung perjuangan NU dan Muhammadiyah dengan sumber keuangan yang mandiri dan kuat adalah salah satu kunci.

Tentu ini bukan hanya soal dua ormas saja, tetapi seluruh institusi sosial dan keagamaan yang telah menunjukkan dedikasinya bagi pembangunan bangsa, yang pada gilirannya harus mendapat dukungan serius. 

Fahri Hamzah Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait