Kolom

Pandemi semakin gawat, perlu kebijakan darurat!

Kasus positif harian sejak Maret hingga Mei 2021 berkisar di angka 4.000 orang, namun di pertengahan Juli sudah mencapai 50.000 orang.

Minggu, 18 Juli 2021 15:55

Jumlah total yang terkonfirmasi positif covid-19 di Indonesia hingga 17 Juli 2021 mencapai 2.780.803 orang. Lonjakan kasus meningkat pesat pascaberlangsungnya Idulfitri pada Mei 2021. Dari data yang ditampilkan oleh covid19.go.id dapat dilihat peningkatan kasus dimulai pada awal Juni dengan tren yang sangat ekstrem.

Kasus positif harian sejak Maret hingga Mei 2021 berkisar di angka 4.000 orang, namun di pertengahan Juli sudah mencapai 50.000 orang. Kasus kematian akibat Covid-19 dari Maret sampai Mei 2021 berada di rata-rata 150 orang per hari, namun hingga 16 Juli 2021 sudah mencapai 1.205 orang per hari.

Berdasarkan tampilan grafik, terlihat bahwa kasus positif, sembuh, dan kasus meninggal memiliki tren yang searah. Peningkatan kasus positif diikuti laju peningkatan pasien yang sembuh dan meninggal dengan persentase yang persis sama.

Kondisi yang mengkhawatirkan ini tidak bisa diatasi dengan kebijakan yang biasa-biasa saja. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang sedang berlangsung tidak efektif untuk memutus rantai penularan penyakit ini. Kasus harian yang semakin tidak terkendali bahkan hingga durasi PPKM yang sudah mau selesai di Pulau Jawa dan Bali merupakan gambaran tidak efektifnya kebijakan tersebut.

Satu-satunya cara untuk memutus rantai penularan adalah dengan memperkecil semaksimal mungkin interaksi manusia. Aturan PPKM masih memberi peluang yang cukup besar untuk terjadinya mobilitas penduduk. Peluang besar muncul karena pembatasan mobilitas yang diinginkan pemerintah tidak diikuti dengan pemberian insentif bagi pihak yang terdampak dari pemberlakuan tersebut.

Arif Rahman Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait