Kolom

Presiden harus menindaklanjuti laporan Komnas HAM

Penegakan hukum yang fairness hanya bisa dilakukan jika laporan Komnas HAM ini ditindaklanjuti oleh Presiden Jokowi.

Minggu, 10 Januari 2021 21:54

Hasil penyelidikan Komnas HAM terhadap peristiwa terbunuhnya enam Laskar Forum Pembela Islam (FPI) yang mengawal Habib Rizieq Shihab (HRS) pada 7 Desember 2020, mulai dibuka ke publik. Jumat (8/1), Komnas HAM merilis hasil pengumpulan data dan fakta yang telah diuji, dianalisis dan disimpulkan, serta direkomendasikan dalam sebuah laporan temuan hasil penyelidikan terhadap peristiwa penembakan di KM 50 ruas tol Jakarta-Cikampek (Japek). 

Satu hal yang setidaknya lebih jelas bahwa dari enam Laskar FPI yang tewas, Komnas HAM menyatakan, terdapat empat korban yang didapatkan tewas akibat kekerasan dan penembakan dengan sengaja oleh polisi di luar mekanisme penegakan hukum yang  seharusnya (unlawful killing). Bahkan sebelum dibunuh terungkap temuan pada  tanda-tanda fisik yang menunjukkan bahwa keempat korban telah terlebih dahulu mengalami penyiksaan (torture).

Dalam bahasa Komnas HAM, keempat orang FPI ini masih hidup ketika dalam penguasaan resmi petugas negara. Namun kemudian tewas di tangan petugas tanpa ada upaya lain untuk mencegahnya.  Oleh karena itulah tindakan petugas yang menyiksa dan mengakibatkan kematian anggota FPI tersebut merupakan bentuk pelanggaran HAM (serious violation of human rights). 

Sementara itu, masih menurut versi Komnas HAM, dua Laskar FPI yang tewas lainnya merupakan akibat penghadangan terhadap petugas negara. Terjadi kontak senjata ketika itu, dan dua anggota FPI itu kemudian gugur. 

Kesan yang ingin dibangun dari konstruksi cerita ini, bahwa dua orang yang tewas berkategori ' lawfull killing karena petugas negara sedang menegakkan hukum. 

Ari Yusuf Amir Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait