Kolom

Radikalisme ancaman bagi NKRI dan Pancasila

Saat ideologi dipahami sebagai tata nilai kebenaran yang dianut, maka semua ideologi akan membawa penganutnya pada sikap hidup mendasar.

Jumat, 15 November 2019 22:19

Sebuah stigma radikalisme sebagai ancaman NKRI dan Pancasila yang dikumandangkan media mainstream diawali dari pernyataan presiden, dan kemudian diikuti jajaran di bawahnya pada hampir semua kementerian dan koalisi politik.

Kemudian bermunculan beberapa polemik di tengah masyarakat mengenai celana cingkrang, jenggot dan cadar. Polemik menjadi berkepanjangan setelah disuarakan politisi Senayan tentang bahayanya radikalisme. 

Tetapi apa sebenarnya radikalisme? Mengapa radikalisme menjadi ancaman sebuah negara yang berdaulat?

Radikal yang berarti mendasar dan radikalisme diartikan sebagai ideologi yang mendasar atau ideologi yang dianut penganutnya tanpa kompromi. Mungkin itu sebabnya ideologi itu dianggap bertentangan dengan NKRI dan Pancasila. 

Jika memang radikalisme adalah ancaman bagi kedaulatan sebuah negara yang berdaulat, akan tetapi siapakah kelompok radikal yang bertentangan dengan Pancasila, dan seberapa besar kekuatannya sehingga mampu menjadi ancaman? 

Ibnu Dawam Aziz Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait