Media

Al-Sharekh, pengembang pertama sistem komputer berbahasa Arab meninggal dunia

Al-Sharekh menerima banyak penghargaan atas karyanya sepanjang karirnya.

Jumat, 08 Maret 2024 06:54

Mohammad Al-Sharekh, pengusaha Kuwait yang membuat sejarah dengan menjadi orang pertama yang mengembangkan sistem operasi komputer berbahasa Arab, meninggal pada Rabu (6/3) di usia 82 tahun.

Dewan Nasional Kebudayaan, Seni dan Sastra Kuwait menyatakan di X: “Sekretariat Jenderal menyampaikan belasungkawa Yang Mulia Menteri Penerangan dan Kebudayaan, Ketua Dewan Nasional Kebudayaan, Seni, dan Sastra, Bapak Abdul Rahman Badah Al- Mutairi, serta pimpinan dan pegawai Dewan kepada keluarga dan kekasih almarhum atas tragedi ini.”

Pada awal tahun 1980-an, sebagian besar komputer dirancang khusus untuk penutur bahasa Inggris, sehingga menimbulkan hambatan besar bagi mereka yang berbicara bahasa lain. Al-Sharekh melihat ini sebagai tantangan dan mendedikasikan dirinya untuk mencari solusi.

Setelah bertahun-tahun melakukan penelitian dan pengembangan, ia menciptakan antarmuka berbahasa Arab pertama untuk komputer.

Pada tahun 1980, ia mendirikan Al-Alamiah Group dengan kantor pusat di Kuwait dan mendirikan Sakhr Software Company pada tahun 1982, yang muncul sebagai pemimpin dalam penelitian dan pengembangan pemrosesan berbahasa Arab.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait