Media

Dokter Nasional AS desak pencantuman label peringatan di sosial media seperti pada rokok

Penggunaan label peringatan saja tidak akan membuat media sosial aman bagi generasi muda, namun akan menjadi bagian dari langkah yang diperl

Selasa, 18 Juni 2024 06:31

Surgeon General atau Dokter Nasional Amerika Serikat Dr Vivek Murthy telah meminta Kongres untuk mewajibkan label peringatan pada platform media sosial serupa dengan yang sekarang diwajibkan pada kotak rokok.

Surgeon General memiliki wewenang memberikan informasi ilmiah terbaik bagi masyarakat Amerika mengenai cara meningkatkan kesehatan mereka dan mengurangi risiko penyakit dan cedera. Surgeon General mengawasi Korps Komisioner Layanan Kesehatan Masyarakat AS (USPHS), sebuah kelompok elit yang terdiri dari lebih dari 6.000 petugas berseragam yang merupakan profesional kesehatan masyarakat. Misi USPHS adalah untuk melindungi, mempromosikan, dan memajukan kesehatan Amerika Serikat.

Dalam opini di The New York Times, Dr Vivek Murthy mengatakan bahwa krisis kesehatan mental di kalangan generasi muda adalah keadaan darurat – dan media sosial telah muncul sebagai kontributor penting.

“Ujian moral bagi masyarakat mana pun adalah seberapa baik mereka melindungi anak-anaknya...Kita mempunyai keahlian, sumber daya, dan alat untuk membuat media sosial aman bagi anak-anak kita. Sekaranglah waktunya untuk membangkitkan keinginan untuk bertindak. Kesejahteraan anak-anak kita dipertaruhkan,” katanya.

“Sudah waktunya untuk mewajibkan label peringatan Dokter Nasional di platform media sosial, yang menyatakan bahwa media sosial dikaitkan dengan bahaya kesehatan mental yang signifikan bagi remaja. Label peringatan dari Dokter Nasional yang memerlukan tindakan kongres, akan selalu mengingatkan orang tua dan remaja bahwa media sosial belum terbukti aman,” kata Murthy.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait