Media

Siap-siap, Kominfo dan KPI bakal sensor Netflix hingga YouTube

Penyensoran Netflix, juga YouTube dan Facebook menjadi wacana publik menyusul pernyataan pribadi Ketua KPI Pusat Agung Suprio, Senin (5/8).

Senin, 12 Agustus 2019 18:49

Penyensoran Netflix, juga YouTube dan Facebook menjadi wacana publik menyusul pernyataan pribadi Ketua KPI Pusat Agung Suprio, Senin lalu (5/8).

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berencana membahas gagasan pembatasan konten Netflix bersama Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Pembatasan atas konten pada aplikasi penyedia film berbayar Netflix ini mungkin mencakup soal sensor atau klasifikasi usia.

“Kita perlu melihat apa objek masalah yang perlu diawasi. Misal, kemungkinan perlu penyensoran konten sebelum tayang,” kata Rudiantara saat ditemui di sela-sela acara Sarasehan Nasional Penanganan Konten Asusila di Dunia Maya, di Museum Nasional, Jakarta, Senin (12/8).

Rudiantara melihat penyensoran atas konten di Netflix sebagai salah satu opsi solusi. Dia membandingkan pemberlakuan sensor itu dengan sensor atas karya film layar lebar sebelum ditayangkan di bioskop.

“Kalau untuk film-film di bioskop, itu ada lembaga sensor yang menilai dan menyensor lebih dulu sebelum tayang,” katanya.

Robertus Rony Setiawan Reporter
Sukirno Editor

Tag Terkait

Berita Terkait