Nasional

BKKBN dan Otorita IKN intensifikasi penurunan stunting di IKN

BKKBN dan Otorita IKN diharapkan dapat bersama-sama membangun kualitas SDM di wilayah IKN. 

Sabtu, 11 Mei 2024 14:44

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasiona(BKKBN) Hasto menyebut, Ibu Kota Nusantara (IKN), dapat menjadi percontohan untuk tidak melahirkan stunting baru. Untuk itu, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) wajib menjadi perhatian utama pemerintah.

Hal itu disampaikan Hasto pada acara penandatanganan kesepahaman bersama antara BKKBN dan Otorita IKN di Astara Hotel Balikpapan, Jumat (10/5).

"Saya sudah sampaikan kepada pemerintah daerah setempat, bahwa caranya tidak sulit. Ketika penduduk jumlahnya 200.000, maka setiap 1.000 penduduk di sekitar IKN akan melahirkan sekitar 16 orang setiap tahunnya. Sehingga, tugas mencegah kelahiran stunting hanya kepada 3.200 orang saja untuk mencapai zero stunting," ujar Hasto.

Mengutip arahan presiden, mengenai data sasaran intervensi yang harus benar-benar detail, Hasto mengatakan, BKKBN siap mendukung IKN dengan data keluarga by name by address. Data tersebut sangat rinci, termasuk status risiko stunting.

"Kami punya Tim Pendamping Keluarga di sekitar IKN. Merekalah yang setiap hari mencatat siapa yang menikah, hamil, dan melahirkan. Kalau per tahun ada 3.200 ibu hamil, maka bisa dikira-kira sebulan ada 250 ibu hamil. Per harinya tidak sampai 10 yang melahirkan di IKN," papar Hasto.

Hermansah Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait