Nasional

BNPP perbaharui data jalan di kawasan perbatasan

Masih ada ruas jalan berupa tanah, tanah lumpur, dan tumpang tindih fungsi serta statusnya.

Kamis, 07 Juli 2022 20:05

Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) memperbaharui data jaringan jalan di kawasan perbatasan. Perbaruan data itu di Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara. 

Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan Jeffry Apoly Rahawarin mengatakan, pihaknya telah menerjunkan tim untuk melaksanakan tracking jalan dari tanggal 14-16 Juni 2022 melalui Keasdepan Infrastruktur Fisik. Terdapat tiga tim yang diterjunkan ke Binuang–Long Umung–Long Bawan atau ruas Jalan Nasional dan ruas Long Layu–Binuang atau Lingkar Krayan.

"Tim tersebut menyurvei beberapa ruas jalan antara lain ruas sepanjang Jalan Trans Kalimantan/Jalan Nasional dan Jalan Lingkar Krayan di Kecamatan Krayan Timur," kata Jeffry dalam keterangan, Rabu (7/7).

Jeffry menyampaikan, selain itu ruas jalan Mualak–Long Puak yang merupakan jalan nonstatus sebagai penghubung ke Kecamatan Krayan Barat, Jalan Bario pada Desa Long Tugul–Lembudud. Selain itu, ada beberapa ruas jalan desa dengan status jalan kabupaten sebagai akses menuju pertanian, perkebunan, dan peternakan pada 12 desa.    

Berdasarkan survei itu, tim BNPP mendapati masih adanya ruas-ruas jalan yang berupa tanah, tanah lumpur, dan tumpang tindih dalam fungsi dan statusnya. Ruas-ruas jalan tersebut perlu penanganan serius untuk ditangani teknis terkait.  

Immanuel Christian Reporter
Ayu mumpuni Editor

Tag Terkait

Berita Terkait