Nasional

DPD dorong pemekaran Kalimantan

Pemerintah tengah memoratorium pembentukan DOB, kecuali Papua.

Kamis, 06 Agustus 2020 15:19

Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono, mendorong pemerintah juga mengizinkan pemekaran wilayah di Kalimantan selain Papua. Dalihnya, Borneo dianggap sama strategisnya dengan "Bumi Cenderawasih".

"Kalimantan juga merupakan isu strategis karena wilayah perbatasan itu bukan lagi punggung, tetapi wajah dan etalase negara ini. Jadi, kami usulkan agar pemekaran terbatas juga memasukkan Kalimantan, selain Papua dan Papua Barat," katanya melalui keterangan tertulis, Kamis (6/8).

Gayung bersambut, kata berjawab. Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan, pemerintah sementara hanya mengizinkan pemekaran di Papua dan Papua Barat. Ini sesuai hasil pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan 61 tokoh setempat.

"Saat itu, para tokoh Papua dan Papua Barat minta pemekaran menjadi tujuh provinsi baru. Namun, presiden menyatakan tidak mungkin sebanyak itu. Yang mungkin dua atau tiga provinsi," ucapnya pada kesempatan sama, rapat konsultasi dengan pimpinan DPD secara daring pada Rabu (5/8).

Dirinya melanjutkan, banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk pembentukan daerah otonomi baru (DOB). Kemampuan fiskal daerah, pertimbangan isu strategis nasional, dan kemampuan keuangan negara, misalnya.

Fatah Hidayat Sidiq Reporter
Fatah Hidayat Sidiq Editor

Tag Terkait

Berita Terkait