Nasional

Ini langkah bijak agar Jakarta tidak tenggelam

Peringatan itu kembali jadi perhatian publik luas karena pernyataan Presiden Joe Biden.

Rabu, 06 Oktober 2021 20:20

Eksploitasi air tanah yang berlebihan membuat tanah di Jakarta ambles. Tanpa upaya serius untuk menghentikan laju penurunan tanah itu, ibu kota dan sekitarnya akan tenggelam dalam beberapa tahun ke depan. 

Kapan waktunya, tidak mudah memperkirakannya. Diakui Eddy Hermawan, profesor riset pada Pusat Riset Sains dan Teknologi Atmosfer–Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), peringatan Jakarta bakal tenggelam sudah muncul sejak 2008. 

Peringatan itu kembali jadi perhatian publik luas karena pernyataan Presiden Joe Biden. "Penyataan Joe Biden bahwa Indonesia harus memindahkan ibu kotanya karena akan berada di bawah air tentu menjadi perhatian media massa," ujar Eddy Hermawan dalam diskusi bertajuk "Benarkah Jakarta dan Pantura akan Tenggelam?", Rabu (6/10).

Presiden Amerika Serikat (AS) menyebut, Jakarta bakal tenggelam itu saat menyinggung bahaya pemanasan global ketika berpidato di Kantor Direktur Intelijen Nasional, 27 Juli lalu. Saat itu, Biden menyebutkan, dampak pemanasan global bisa mencairkan es di kutub dan menaikkan permukaan air laut sehingga Jakarta tenggelam dalam 10 tahun ke depan. 

"Apa yang terjadi di Indonesia jika perkiraannya benar bahwa dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena akan tenggelam?" kata Biden. 

Achmad Rizki Reporter
Achmad Rizki Editor

Tag Terkait

Berita Terkait