Nasional

Jokowi dan Mahathir sepakat perangi diskriminasi sawit Uni Eropa

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan bilateral ke Malaysia untuk membahas berbagai isu dengan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

Sabtu, 10 Agustus 2019 07:11

Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad sepakat bersatu menghadapi diskriminasi produk kelapa sawit kedua negara bertetangga tersebut oleh Uni Eropa. Kesepakatan tersebut dicapai dalam kunjungan resmi Presiden Joko Widodo ke Malaysia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang turut serta bersama Presiden dalam kunjungan resmi ini menerangkan bahwa kedua pemimpin berbicara dan membahas beberapa hal.

“Salah satunya komitmen untuk bersatu melawan diskriminasi produk kelapa sawit kedua negara, dan upaya mengintensifkan negosiasi penyelesaian masalah perbatasan,” kata Retno di Singapura, Jumat (9/8).

Retno menjelaskan, Indonesia dan Malaysia memiliki komitmen tinggi dalam isu pengolahan dan pengelolaan sawit yang berkelanjutan. Indonesia juga telah memiliki sertifikasi sawit dan data-data ilmiah yang dapat dipakai untuk perbandingan.

"Kedua pemimpin memiliki komitmen yang tinggi untuk meneruskan perlawanan terhadap diskriminasi sawit," tutur Retno.

Laila Ramdhini Reporter
Laila Ramdhini Editor

Tag Terkait

Berita Terkait