Nasional

Kapolri Sigit beberkan agenda pengawalan tahun 2023

Dalam Rapim Polri juga membahas soal mengantisipasi seluruh wilayah yang rawan konflik.

Jumat, 10 Februari 2023 13:04

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengemban beberapa agenda sebagai kesimpulan yang didapatkan dari Rapat Pimpinan (Rapim) Polri tahun 2023 di Hotel Sultan, Jakarta. Kegiatan tersebut menekankan soal peran aparat kepolisian dalam mengawal seluruh kebijakan Pemerintah hingga menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, salah satu agenda tersebut adalah pengawalan dalam rangka menghadapi seluruh rangkaian Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024. Dalam mengawal Pemilu 2024, Sigit menekankan soal menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

"Dan juga kesiapan menghadapi tahapan Pemilu 2024 tentunya kita juga persiapkan langkah dari persiapan pengamanan, langkah untuk meredam terjadinya polarisasi atau hal-hal yang mengarah ke politik identitas dengan cooling system bekerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh daerah dan seluruh elemen masyarakat," kata Sigit dalam keterangan, Jumat (10/2). 

Selain itu, TNI dan Polri juga akan siap mengawal dan mengamankan seluruh agenda internasional yang diselenggarakan di Indonesia. Diantaranya yang dilaksanakan dalam waktu dekat, yakni Formula 1 (F1) Powerboat yang digelar di Danau Toba Medan pada 25-26 Februari 2023.

"Itu harus kita amankan juga, karena memang ini berdampak terhadap bangsa kita dan juga multiplier effect untuk masyarakat sekitar,” ujarnya.

Immanuel Christian Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait