Nasional

Kemenhub ajak pengusaha Jepang bangun IKN

Pembangunan dan pengembangan IKN ini akan dilakukan dalam lima tahap mulai tahun 2022 sampai 2045.

Selasa, 28 Februari 2023 20:01

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengajak para pelaku bisnis di Jepang untuk bekerja sama membangun infrastruktur transportasi Ibu Kota Nusantara (IKN) di pulau Kalimantan. Hal ini disampaikan dalam kegiatan Forum Japan-Indonesia Economic Committee of Keidanren Event di Jepang, Selasa (28/2).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan IKN telah dituangkan dalam Undang-Undang  yang diturunkan dalam sejumlah peraturan seperti, Peraturan Pemerintah, Peraturan Presiden, dan peraturan lainnya. 

“IKN akan dibangun sebagai kota yang rendah emisi karbon dan efisien melalui penggunaan teknologi,” katanya dalam Forum Japan-Indonesia Economic Committee of Keidanren Event di Jepang, Selasa (28/2).

Budi menyebut, pembangunan dan pengembangan IKN ini akan dilakukan dalam lima tahap mulai tahun 2022 sampai 2045. Forum ini dianggap dapat menjadi batu loncatan karena dihadiri oleh sekitar 90 pelaku bisnis atau investor asal Jepang. 

Lantara, pembangunan infrastruktur di IKN membutuhkan biaya yang besar. Maka itu dibutuhkan pendanaan kreatif non APBN, seperti melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) dan skema konsesi, yang melibatkan berbagai pihak baik di dalam maupun luar negeri. 

Immanuel Christian Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait