Nasional

Komisi IX DPR minta Kemenkes evaluasi isolasi mandiri di daerah

Di Jawa Timur banyak keluarga terpapar coronavirus dari pasien isoman.

Senin, 13 September 2021 13:14

Anggota Komisi IX DPR, Nur Yasin, meminta, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk meninjau ulang proses isolasi mandiri (isoman) pasien Covid-19 di daerah. Berdasar peninjauannya di wilayah Jawa Timur, banyak keluarga terpapar coronavirus dari pasien isoman.

"Dulu saya salah satu yang mengusulkan perlunya isoman. Tapi setelah kami cek di lapangan, saya pikir kami harus berpikir ulang untuk meng-introduce isoman ini," kata Nur Yasin dalam rapat kerja Komisi IX dengan Menkes Budi Gunadi dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito di kompleks DPR, Senayan, Jakarta, Senin (13/9).

Penularan Covid-19 di daerah, menurutnya, khususnya di pedesaan berkaitan dengan adat-istiadat atau kebiasaan masyarakat setempat. Bagi warga desa, kata dia, mengunjungi orang sakit merupakan kebiasaan yang wajib dilakukan. 

Alhasil, warga pun terpapar Covid-19 dari pasien isoman saat kunjungan terjadi. "Ini berkenaan dengan adat istiadat juga. Untuk isoman, itu sangat tidak efektif bahkan menjadi pusat penularan di suatu kelompok masyarakat," ujarnya.

Selain kebiasaan, proses isoman di pedesaan juga tidak didukung oleh kondisi rumah yang baik. Dalam pengamatan Nur Yasin, banyak pasien di pedesaaan hanya memiliki dua kamar. 

Marselinus Gual Reporter
Achmad Rizki Editor

Tag Terkait

Berita Terkait