Nasional

Meningkatkan kualitas pendidikan dengan peran guru penggerak

Untuk meningkatkan kualitas guru penggerak, memerlukan karakter guru yang menjadi faktor penggerak utama dalam belajar mengajar.

Selasa, 08 November 2022 19:10

Dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas, peran guru penggerak dinilai sangat penting. Maka, pemerintah terus meningkatkan kualitas dengan memperbanyak jumlah guru penggerak terutama di daerah 3 T (tertinggal, terdepan, dan terluar). Untuk menjangkau daerah 3T seperti, Kabupaten Berau, Mahakam Ulu, dan Kutai Barat, diperlukan adanya pemetaan kembali dari kebutuhan dan solusi bagi peningkatan kualitas pendidikan. 

Untuk meningkatkan kualitas guru penggerak, memerlukan karakter guru yang menjadi faktor penggerak utama dalam belajar mengajar. Faktor penting lainnya adalah tersedianya narasumber praktik, kegiatan berbasis implementasi Kurikulum Merdeka, serta terbentuknya komunitas belajar agar lebih merata sebarannya. 

Direktur Utama Synergy Policies Dinna Prapto Raharja mengharapkan, agar Program Guru Penggerak dapat terus ditingkatkan jumlahnya pada tahun depan. Hal tersebut terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) Peningkatan Sebaran Pendidikan Berkualitas: Merumuskan Konsensus Pemerintah, Sekolah, dan Guru di Provinsi Kalimantan Timur, yang dipantau online, Selasa (8/11). 

Untuk mencapai target tersebut, ada beberapa tantangan yang harus diselesaikan, seperti terbatasnya jumlah guru penggerak. Makanya, perlu ada dukungan terhadap Program Guru Penggerak seperti yang sudah dilakukan oleh Tanoto Foundation. 

Program Sekolah Penggerak diharapkan terus berjalan dengan baik dan juga mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah dalam membuat pembelajaran yang menyenangkan bagi murid, sehingga prestasi siswa bisa sesuai dengan target capaian. 

Ghina Mita Yuniarsih Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait