Nasional

Bendera Merah Putih membentang sepanjang 300 meter di Kirab Pancasila 2024

Selain Kirab Pancasila, ada beberapa event dalam waktu yang bersamaan seperti gelaran kuliner nusantara, dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Minggu, 26 Mei 2024 23:52

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar Kirab Pancasila Tahun 2024 di Jalan Jenderal Sudirman sampai dengan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta pada Minggu (26/5).

Ada yang berbeda pada Kirab Pancasila menjelang puncak peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024, dibandingkan tahun sebelumnya. Yaitu, terbentangnya bendera Merah Putih sepanjang kurang lebih 300 meter sepanjang jalan Jenderal Sudirman hingga bundaran HI.

Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengungkapkan, Kirab Pancasila yang diikuti kurang lebih 3.000 peserta tersebut, juga menampilkan berbagai pertunjukan seni, budaya, drum band Gita Abdi Praja IPDN, serta berbagai pakaian adat nusantara menghiasi acara kirab Pancasila tersebut.

"Ini sebagai upaya kami dalam meningkatkan nasionalisme terutama kepada generasi muda Indonesia," ujarnya.

Kirab Pancasila yang merupakan hasil bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu, juga sengaja dilaksanakan pada hari libur atau hari bebas kendaraan. Sehingga diharapkan masyarakat ikut serta meramaikannya.

Hermansah Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait