Nasional

Presiden: Modernisasi alutsista harus utamakan produk dalam negeri

Belanja alutsista harus dilakukan dengan bijak. Baik itu terkait besarannya maupun peruntukannya.

Kamis, 05 Oktober 2023 08:37

Presiden Jokowi mengungkapkan, modernisasi alat utama sistem senjata Tentara Nasional Indonesia (alutsista TNI) sangat diperlukan. Tetapi keuangan, anggaran, dan APBN sangat terbatas. Pasalnya, kebutuhan kesejahteraan rakyat sangatlah besar. Sehingga belanja alutsista harus dilakukan dengan bijak. Baik itu terkait besarannya maupun peruntukannya.

"Modernisasi alutsista harus menjadi bagian penting dari pengembangan investasi pertahanan di dalam negeri. Sehingga harus didorong transfer teknologi. Harus didorong peningkatan SDM, dan harus mengutamakan produk dalam negeri," kata dia dalam keterangan resminya yang dipantau secara online, Kamis (5/10).

Presiden Jokowi menyebutkan, anggaran untuk modernisasi alutsista yang diimiliki negara sangat sulit untuk mengumpulkannya, mendapatkannya, dan merupakan uang dari rakyat. Sehingga sebisa mungkin harus dibelanjakan dan diputar kembali untuk rakyat. 

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengingatkan, dunia sedang menghadapi krisis. Utamanya krisis pangan. Akibat perubahan iklim dan akibat terganggunya pasokan dunia. Bahkan 22 negara sudah berhenti melakukan ekspor pangan.

"Untuk itu, saya minta seluruh anggota TNI mempunyai naluri terkait ini. Mempunyai kesadaran dan kepekaan terkait ini. Karena urusan pangan dan perut sangat penting dan penentu stabilitas bangsa," ucap dia. 

Hermansah Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait