Anies Baswedan masih memiliki PR lain untuk menata jalur sepeda.
DKI Jakarta dinilai lebih baik ketimbang 15 tahun yang lalu dalam penataan transportasi berkelanjutan. DKI Jakarta dalam lima tahun terakhir pun disebut mengalami perbaikan signifikan dalam sektor transportasi, seperti Bus Trans Jakarta, Mass Rapid Transit ( MRT), dan Light Rail Transit ( LRT).
Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakat Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat, Djoko Setijowarno, menyebut DKI Jakarta sudah bisa menjadi percontohan penataan transportasi bagi kota-kota lain di Indonesia.
Bahkan, lanjutnya, jalur sepeda pun diangun sepanjang 63 kilometer. Namun, jalur sepeda tersebut masih perlu pengawasan, karena aktivitas parkir di tepi jalan masih eksis. Juga pelanggaran ojek daring menggunakan jalur sepeda masih terjadi.
Ia pun meminta Gubernur Anies Baswedan agar menerapkan pengawasan untuk melindungi pesepeda. Misalnya, perlu dilengkapi batasan fisik sepanjang jalur sepeda yang dibangun.
“PR lain soal jalur sepeda masih menanti. Jalur sepeda yang kini disediakan masih perlu dipastikan faktor keamanan dan kenyamanannya bagi pengguna sepeda. Sekarang jalur sepeda tidak berkeselamatan, ini yang masih menjadi PR DKI Jakarta, yang artinya belum selesai,” ucapnya dalam keterangan tertulis, Minggu (7/2).