Nasional

Pj Gubernur DKI klaim siap jadi contoh percepat penanganan stunting

Berdasarkan hasil survei Status Gizi Indonesia (SGI) 2022, angka stunting di DKI Jakarta turun 2% menjadi 14,8%.

Rabu, 01 Februari 2023 19:23

Pemerintah terus berupaya melakukan percepatan penanganan stunting untuk mencapai target nasional di angka 14% pada 2024. Pemerintah daerah turut dilibatkan untuk menurunkan angka stunting di masing-masing wilayahnya.

Salah satu wilayah yang jadi percontohan percepatan penanganan stunting adalah provinsi DKI Jakarta. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengajak Pj Gubernur Heru Budi Hartono untuk mewujudkan angka stunting DKI Jakarta di bawah 5%.

"Negara-negara maju level stuntingnya di bawah 5%. Saya bilang ke Pj Gubernur, kita kasih hadiah ke Bapak Presiden, ada provinsi yang kalau bisa di bawah 5%," kata Budi dalam keterangannya di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (1/2).

Berdasarkan hasil survei Status Gizi Indonesia (SGI) 2022, angka stunting di DKI Jakarta turun 2% menjadi 14,8%. Angka ini menduduki peringkat terendah kedua nasional.

Budi mengatakan, Pemprov DKI menyatakan komitmennya untuk turut mendukung percepatan penanganan stunting guna mencapai target nasional. Dalam hal ini, kata Budi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tentunya akan berkolaborasi dengan Pemprov DKI.

Gempita Surya Reporter
Ayu mumpuni Editor

Tag Terkait

Berita Terkait