Nasional

Pj Heru usulkan jalur KRL ke Stasiun Tanah Abang ditambah

Pemprov DKI Jakarta akan menggandeng Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR untuk menambah fasilitas jalur kereta.

Selasa, 27 Desember 2022 07:37

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan, perlunya penambahan jalur kereta rel listrik (KRL) ke Stasiun Tanah Abang. Penambahan ini penting mengingat pertumbuhan penumpang yang menggunakan KRL ke Stasiun Tanah Abang terus bertambah.

"Ini akan ada penambahan jalur kereta dari empat menjadi enam jalur," kata Heru dalam keterangan resmi, Senin (26/12).

Diungkapkan Heru, dalam hal ini Pemprov DKI Jakarta akan menggandeng Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR untuk menambah fasilitas jalur kereta. Usulan ini juga disampaikan dalam rangka menunjang optimalisasi operasional KRL guna mengatasi kepadatan penumpang.

"Dengan adanya penambahan jalur itu bisa menambah dan mengantisipasi kepadatan penumpang pada tahun-tahun berikutnya yang jumlahnya mencapai ratusan ribu. Ini untuk tahap pertama," ujar Heru.

Lebih lanjut, imbuh Heru, kawasan Transit Oriented Development (TOD) juga akan dikembangkan di Stasiun Tanah Abang. TOD merupakan konsep pengembangan stau pembangunan kota dengan memaksimalkan penggunaan lahan yang terintegrasi.

Gempita Surya Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait