Nasional

Ratusan warga kelompok NII cabut bai'at

Beberapa waktu lalu, pihaknya menyampaikan sejumlah hasil pemeriksaan terkait pemeriksaan para tersangka jaringan Negara Islam Indonesia

Kamis, 28 April 2022 06:46

Ratusan warga yang sebelumnya tergabung dalam Negara Islam Indonesia (NII) menyatakan mundur dari kelompok tersebut. Pernyataan mundur tersebut juga diiringi dengan kembalinya mereka ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kadensus 88 Anti Teror (AT) Mabes Polri, Irjen Marthinus Hukom mengatakan, ratusan warga tersebut menyatakan kembali ke NKRI dengan pencabutan bai’at atas NII. Ada 391 warga yang melakukan kegiatan tersebut dan dinyatakan yang terbesar dilakukan pencabutan bai’atnya pada kemarin, Rabu (27/4).

“Ini bertepatan dengan bulan suci Ramadan, mengucapkan syukur karena momentum ini juga sebagai forum silaturahmi, terutama ex. NII yang hadir,” kata Marthinus, dalam keterangan, Kamis (28/4).

Ia menyebut, pihaknya hadir tidak saja sebagai penegak hukum, tetapi juga sebagai bagian dari anak bangsa. Niatan hati untuk merangkul warga NII tersebut yang mungkin di antaranya menjadi korban karena ketidaktahuan mereka. 

"Pemerintah melakukan pendekatan kepada saudara kita yang melakukan penyimpangan, memahami suatu yang salah. Kami ingin duduk bersama merangkul dengan penuh kasih sayang," terangnya.  

Immanuel Christian Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait