Nasional

Rektor UICI tekankan pendidikan berbasis pedesaan

Pendekatan ini bertujuan untuk memperkuat ekonomi pedesaan dengan meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kesiapan kerja di desa.

Senin, 13 Mei 2024 07:42

Rektor Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) Laode Masihu Kamaluddin, mengungkapkan pentingnya pendidikan untuk daerah terpencil. Pendidikan ini penting untuk memutus kesenjangan antara wilayah perkotaan dengan pedesaan.

Hal tersebut ia sampaikan saat menjadi narasumber dalam Halalbihalal dan Rapat Pengurus Pusat Pleno Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) di The Krakatau Grand Ballroom, Jakarta, Sabtu (11/5).

Hadir dalam kegiatan ini, di antaranya adalah anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo -Gibran Hashim Djojohadikusumo, Ketua Umum Aptisi M. Budi Jatmiko, dan Pembina Aptisi Marzuki Alie.

"Problem utama kita dari hasil riset bahwa sistem pendidikan kita ini menganut urban bias education. Artinya, orang-orang pintar di desa yang mempunyai kemampuan mencari perguruan tinggi terdekat di kabupaten/kota dan khususnya di Pulau Jawa. Tetapi, setelah lulus tidak kembali. Kenapa? Karena ekosistem keilmuannya tidak cocok dengan kehidupan di desa," kata Laode.

Oleh karena itu, kata Laode, ke depan pemerintah perlu mengubah pola pendidikan ini dengan lebih memperhatikan desa. Untuk itu, Laode memperkenalkan rural bias education.

Hermansah Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait