Nasional

Sikap KPK soal mundurnya Direktur Penyidikan, Asep Guntur

Asep Guntur mengajukan pengunduran diri seiring berpolemiknya militer aktif sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap proyek Basarnas.

Senin, 31 Juli 2023 15:43

Direktur Penyidikan sekaligus Plt. Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Brigjen Asep Guntur Rahayu, mengundurkan diri dari jabatannya. Keputusan diambil seiring berpolemiknya penetapan Kepala Basarnas (Kabasarnas), Marsekal Madya Henri Alfiandi, dan Koorsmin Kabasarnas, Letkol Afri Budi Cahyanto, sebagai tersangka.

Rencana tersebut kali pertama disampaikannya melalui WhatsApp, Jumat (28/7). Lalu, ditindaklanjuti dengan mengirimkan surat resmi pada Senin (31/7). Lantas, bagaimana sikap KPK?

"Hal tersebut tentunya menjadi keputusan pimpinan, apakah permohonan tersebut diterima atau ditolak,” kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri, beberapa saat lalu.

Lebih jauh, Ali menyampaikan, KPK hingga kini terus mengusut kasus dugaan suap pengadaan barang/jasa di lingkungan Basarnas. Dalihnya, ada warga sipil yang terlibat dalam perkara itu.

"Begitupun penting juga kami sampaikan, bahwa pimpinan mendukung penuh langkah dan upaya yang telah dilakukan tim penyelidik dan penyidik dalam rangkaian proses penanganan dugaan tindak pidana korupsi di Basarnas ini," tuturnya.

Immanuel Christian Reporter
Fatah Hidayat Sidiq Editor

Tag Terkait

Berita Terkait