Nasional

Stafsus Menag ungkap pesan Muafaq yang ingin naik jabatan

Namun Muafaq tak meminta agar keinginannya tersebut disampaikan pada Menag Lukman Hakim.

Rabu, 10 Juli 2019 15:06

Staf Khusus Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, Gugus Joko Waskito, mengaku pernah dihubungi oleh Muhamad Muafaq Wirahadi ihwal keinginannya untuk naik jabatan. Hal ini terungkap dalam sidang lanjutan kasus suap pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur.

Pengakuan Gugus berawal dari pertanyaan Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK) soal upaya Muafaq, untuk mendapatkan jabatan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik. Gugus mengakui dalam komunikasi yang dia lakukan, Muafaq menyampaikan pesan tersirat soal jabatan tersebut.

"Itu pernah disampaikan Pak Muafaq. Tetapi tidak disebutkan secara spesifik sebagai Kepala Kantor Kemenag Gresik. Cuma kalau secara bahasa, "saya sudah lama bekerja di Kemenag, tetapi saya enggak pernah dapat promosi,"" ujar Gugus dalam kesaksiannya, Rabu (10/7).

Dia mengaku saat itu tak mengetahui maksud terdakwa Muafaq menyampaikan hal tersebut kepada dirinya. Sebab, menurutnya, kewenangan untuk menaikkan jabatan berada dalam kuasa Menag.

"Ya enggak tahu (maksud Muafaq). Beliau cuma bilang, kalau ada promosi, beliau ingin menjadi pejabat eselon empat," ucap dia.

Achmad Al Fiqri Reporter
Gema Trisna Yudha Editor

Tag Terkait

Berita Terkait