Olahraga

Belanda ingin hargai perilaku terpuji suporter ketimbang menghukum fans brutal

Asosiasi menegaskan, jumlah insiden di stadion mengalami penurunan pada musim 2022/2023.

Kamis, 30 Mei 2024 19:48

Klub sepak bola profesional Belanda akan berupaya memberikan penghargaan atas perilaku fans yang baik untuk menghadapi masalah penonton. Asosiasi Sepak Bola Belanda, KNVB, melaporkan hal ini dalam rencananya untuk musim depan, yang mencakup 21 tindakan lainnya.

KNVB meminta bantuan dari pemerintah kota dan polisi agar para penggemar memiliki lebih banyak kebebasan untuk pergi menonton pertandingan daripada harus bepergian dengan bus.

Contoh lain dari menghargai perilaku baik termasuk menyingkirkan jaring yang dipasang di depan pendukung tandang jika mereka berperilaku sepatutnya atau memberi mereka sambutan yang ramah. Hal ini terjadi musim lalu pada pertandingan PEC Zwolle-PSV ketika seorang DJ tampil di laga tandang. Klub Heracles Almelo membagikan kopi, teh, dan sandwich kepada fans tandang.

“Penggemar mengapresiasi kegiatan ini, dan nampaknya berdampak positif pada perilaku mereka. Ide-ide ini menjadi titik awal untuk uji coba dan penelitian,” tulis KNVB dalam siaran persnya dikutip NL Times.

Klub, bekerja sama dengan polisi dan pemerintah kota, akan bertanggung jawab untuk menyelenggarakan setidaknya satu pertandingan yang "sempurna" dalam hal keramahtamahan. Bahkan hal-hal kecil, seperti menawarkan sandwich kepada penggemar, dapat berperan dalam mencapai tujuan ini, menurut juru bicara.

Arpan Rachman Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait