Olahraga

Bagaimana cara Ballon d'Or menentukan pemenang Messi vs Haaland

Bagaimana keseluruhan proses penghargaan Ballon d'Or dilakukan?

Selasa, 31 Oktober 2023 11:02

Ballon d'Or bisa dibilang merupakan penghargaan individu paling bergengsi dalam sepak bola, yang diperuntukkan bagi pemain terbaik. Ini sebuah keistimewaan yang hanya dimiliki segelintir pesepakbola dalam kariernya.

Lionel Messi adalah pemegang rekor, setelah mengumpulkan delapan gelar, tiga lebih banyak dari rival beratnya, Cristiano Ronaldo.

Setelah memenangkan Piala Dunia bersama Argentina tahun lalu, ada prediksi kuat bahwa gelar kedelapan mungkin akan jatuh ke pemain Argentina itu. Dan ternyata memang tidak meleset. Messi diganjar penghargaan Ballon d'Or tadi malam dalam acara yang digelar di Théâtre du Châtelet, Paris, Prancis, Senin (30/10). Ia menyingkirkan saingan terberatnya Erling Haaland, yang meraih treble winner bersama Manchester City musim lalu. Kylan Mbappe di posisi tiga peraih suara terbanyak.

Satu pertanyaan umum adalah bagaimana keseluruhan proses penghargaan Ballon d'Or dilakukan. Siapa yang memilih nominasi dan pemenang akhirnya? 

Perubahan aturan Ballon d'Or
Aturan Ballon d'Or diubah pada tahun 2021, dengan perubahan signifikan dilakukan setelah Messi memenangkan gelar ketujuhnya. Penghargaan tersebut tidak lagi mempertimbangkan pencapaian dalam satu tahun kalender tetapi akan mengadopsi format musim ke musim.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait