Olahraga

Meriahnya upacara pembukaan Asian Games

Ribuan penari dan sederet artis akan memeriahkan pesta olahraga akbar Asian Games 2018. Bagaimana kira-kira keseruan pesta tersebut?

Sabtu, 18 Agustus 2018 10:49

Pesta olahraga akbar Asian Games 2018 akan dibuka secara resmi pada Sabtu malam (18/8) di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Asian Games ke-18 akan dibuka dengan pertunjukan kolosal sebagai bukti kepada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan mampu menyelenggarakan sebuah event berskala Internasional. Bagaimana kira-kira keseruan pesta pembukaan Asian Games 2018 yang digadang-gadang akan ditonton miliaran penonton di seluruh dunia?

Upacara Pembukaan Asian Games akan menampilkan pertunjukan Indonesia sebagai negara maritim sejak Kerajaan Sriwijaya hingga Kerajaan Majapahit. "Salah satu segmen akan menunjukkan kekayaan alam laut Indonesia. Nusantara abad ke-7 dari Sriwijaya hingga Majapahit akan tergambarkan dalam pembukaan itu. Ada Gajah Mada sebagai pemersatu bangsa," kata penata tari Denny Malik.

Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) mencatat 3.600 penari akan terlibat dalam upacara tersebut. Menurut Denny, tarian-tarian yang ditampilkan dalam pembukaan pesta multi-cabang olahraga terbesar di Asia itu, merupakan tarian daerah dari 34 provinsi di Indonesia. Lalu, ditutup dengan tema kosmopolitan "Energy of Asia". 

"Dari masa lalu ke futuristis," katanya.

Satriani Ari Wulan Reporter
Satriani Ari Wulan Editor

Tag Terkait

Berita Terkait